Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Terjadi Ledakan Kasus Covid-19, MPR Dorong Pemerintah Lakukan Tes Masal Gratis

Jumat, 08 Januari 2021 | Januari 08, 2021 WIB Last Updated 2021-01-08T10:05:47Z

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. /Instagram.com/@bambang.soesatyo.

HALLO TASIK
 - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah untuk melakukan tes covid-19, khususnya swab kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan dan antisipasi langkah awal dalam mencegah meluasnya virus corona.


"Sebaiknya tes covid-19 secara massal dan menggunakan metode swab yang diberikan secara gratis," kata Bambang Soesatyo (Bamsoet) lewat keterangan tertulis, Jumat, 8 Desember 2020.


Bamsoet merespon laporan harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Kamis, 7 Januari 2021, yang capai 9.321 kasus baru covid-19 yang terkonfirmasi.


Bahkan, Jumat, 8 Januari 2021 kasus baru covid-19 yang terkonfirmasi naik lebih tinggi lagi mencapai 10.617 kasus baru.


"Hal tersebut menunjukkan Indonesia mencatatkan rekor kasus harian covid-19 tertinggi sejak 2 Maret 2020," respon Ketua MPR RI.


Itulah sebabnya dirinya minta tes swab masal secara gratis, swab diketahui merupakan cara yang paling akurat dalam memastikan seseorang terinfeksi virus corona atau tidak.


"Kami juga mendorong pemerintah menyiapkan dana dan tenaga kesehatan untuk memasifkan upaya tracing," katanya.


Sehingga seluruh pihak yang melakukan kontak dengan pasien covid-19 dapat segera dites dan ditanggulangi sejak dini sebelum virus tersebut menyebar lagi kepada yang lain.


Pemerintah juga didorong untuk memperbanyak ruang isolasi bagi pasien covid-19 dengan berbagai gejala, termasuk gejala ringan atau tanpa gejala.


Sehingga pasien covid-19 mendapatkan perawatan maksimal sampai sembuh dan tidak menularkan kepada orang lain karena mereka perawatan mereka berada di ruangan khusus.


Pemerintah juga didorong untuk berkomitmen untuk membantu masyarakat meningkatkan imunitas, seperti secara rutin memberikan asupan vitamin kepada masyarakat.


"Baik untuk masyarakat umum maupun tenaga kesehatan, serta memberikan fasilitas pengecekan covid-19 secara akurat dengan gratis," katanya


Bamsoet juga minta pemerintah/lembaga  mengurangi seluruh aktivitas yang melibatkan kerumunan/banyak orang berkumpul.


"Manfaatkan teknologi daring untuk melakukan rapat atau pembahasan- pembahasan hal-hal lain," katanya. (tim)

×
Berita Terbaru Update