Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Satgas Covid-19 Apresiasi Keberhasilan Polda Metro Tangkap Pemalsu Tes Swab

Jumat, 08 Januari 2021 | Januari 08, 2021 WIB Last Updated 2021-01-08T03:54:45Z

Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo. /Dok. covid19.go.id.

HALLO TASIK
- Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengapresiasi langkah kepolisian yang berhasil menangkap tiga pelaku pemalsu hasil tes swab PCR yang sempat marak beberapa waktu belakangan.


Ketiga pemalsu hasil swab PCR itu dibekuk Subdit Tindak Pidana Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. 


Ketiga pelaku tersebut adalah MHA, EAD, dan MAIS. Ketiganya ditangkap di Bali, Bandung, hingga Bekasi.


"Apresiasi bagi masyarakat yang melapor dan langkah Polri yang cepat menjalankan tugas untuk menegakkan hukum," ujar Doni Monardo saat dikonfirmasi, Kamis 7 Januari 2021.


Doni menyatakan tidak membenarkan praktek atau tindakan memalsukan hasil swab PCR. Pemalsuan ini, lanjut dia, akan membahayakan keselamatan jiwa masyarakat.


"Pemalsuan hasil swab PCR dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan masyarakat," ucap Doni.


Diberitakan sebelumnya, Subdit IV Tipid Siber Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya berhasil mengungkap sekaligus meringkus para pelaku serta pembuat surat keterangan palsu hasil swab test (tes usap).


Kabid Humas Polda Metro Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan dari kasus tersebut, anggotanya mengamankan tiga pelaku yang berbeda perannya.


“Pada tanggal 30 Desember 2020, anggota kita telah mendapat unggahan yang kemudian viral dilakukan oleh akun Instagram @hanzdays dimana pada unggahan tersebut melakukan promosi pembuatan keterangan hasil pemeriksaan swab atau PCR tanpa harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan kata-kata promosi," jelas Yusri dalam jumpa pers. (pol)


×
Berita Terbaru Update