Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Launching Buku Sejarah Galuh, Tidak Ada Lagi yang Mengotak-atik Tentang Galuh

Rabu, 23 Desember 2020 | Desember 23, 2020 WIB Last Updated 2020-12-23T09:03:10Z

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. /Instagram.com/@herdiat.sunarya.


HALLO TASIK
- Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya menghadiri acara Launching Buku Sejarah Galuh Dari Masa Ke Masa yang bertempat di Aula Setda Kabupaten Ciamis, Selasa 22 Desember 2020.


Acara yang digagas oleh Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga ini bertujuan untuk melestarikan dan menyediakan informasi tentang sejarah dan nilai kegaluhan melalui pencetakan buku diikuti oleh 150 orang peserta secara tatap muka maupun virtual.


Bupati Ciamis, Dr. H.Herdiat Sunarya dalam sambutannya berharap agar buku ini bisa betul-betul dijadikan pedoman / referensi sehingga anak cucu kita di Kabupaten Ciamis maupun se-Indonesia mengetahui dan memaklumi bahwa Galuh itu benar ada dan tetap ada, ujarnya.


"Ya rasa bangga dan bahagia kami sebagai warga masyarakat Tatar Galuh Ciamis, dengan disusunnya buku ini, tentu disamping untuk mempelajari sejarah juga yang tak kalah pentingnya tidak ada yang mengotak-atik lagi tentang Galuh dan mengusik kami warga Galuh dengan adanya insiden atau statement salah satu tokoh budaya," ujar Bupati Herdiat.


Ketua Tim Penyusun Buku, Dr. Nina Herlina mengatakan, pemberian judul buku dengan nama Sejarah Galuh Dari Masa Ke Masa, kami menyusun atas inisiatif Bupati pada bulan Pebruari 2020 dalam rangka menghadapi salah seorang Budayawan yang melontarkan kata-kata tidak baik tentang Galuh, ujarnya.


"Galuh sudah ada dari jaman dahulu dan bukan hanya omong kosong saja," tegas Nina.


Dikatakan lebih lanjut Nina, bahwasanya isi buku ini meliputi periode masa pra sejarah dari sekitar 1,8 juta tahun lalu hingga masa pemerintahan Bupati, jelasnya.


"Jadi ini betul-betul sejarah yang holistik, buku ini juga kami tuliskan dan terbitkan adalah merupakan buku sejarah resmi dari Kabupaten Ciamis yang ditulis secara akademis dan diperuntukan untuk souvenir tamu dari luar daerah, didistribusikan dan di sosialisasikan kepada guru sejarah," urainya.


Dengan telah diterbitkannya buku ini, Nina dan kawan-kawan akan membantu Pemkab Ciamis untuk mengganti nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh karena pada tahun 1915 nama Galuh di ganti menjadi Kabupaten Ciamis dan kebetulan Bupati yang menggantinya pun bukan berasal dari Ciamis, jelasnya.


Sementara Erwan Darmawan, selaku Kadisbudpora dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan diadakannya Launching Buku Sejarah Galuh Dari Masa ke Masa ini untuk melestarikan dan menyediakan informasi tentang sejarah dan nilai kegaluhan melalui pencetakan buku.


Dikatakan Kadisbudpora, beberapa tim penulis dari buku Galuh tersebut diantarnya yaitu Prof. Nina Herlina, Dr. H Yat Rospia Brata M.Si, Dr Undang A Darsa dan masih banyak lainnya.


Dipenghujung acara, Bupati Herdiat mengatakan bahwa buku tersebut akan ditindaklanjuti termasuk didistribusikan kepada camat, budayawan di samping menjadi souvenir untuk tamu-tamu yang datang ke Kabupaten Ciamis.


"Saya ingin anak cucu kita mengetahui sejarah" tandas Bupati Herdiat. (jbr)


×
Berita Terbaru Update