Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kalau Bukan Kita Sendiri yang Menjaga Keselamatan Diri, Siapa

Selasa, 17 November 2020 | November 17, 2020 WIB Last Updated 2020-12-02T07:38:50Z

Jaga Keselamatan Diri Dalam Berkendara. Pixabay.com/SplitShire

Hallotasik.com
- Saya sering banget malam sehabis pulang dagang itu ngeliat pengendara motor tidak menyalakan lampu.


Nggak tahu motor modif atau motor standar, saya nggak begitu memperhatikan.


Pernah suatu ketika ada motor dari arah berlawanan dengan kecepatan kira-kira lebih dari 80 km/jam, tidak menyalakan lampu terang bagian depan. Hampir menyerempet pengendara motor di depan saya, jaraknya tipis banget, ngeri. Untungya nggak sampai tabrakan, nggak sampai terjadi kecelakaan.


Ngeliat kejadian itu, maka saya lebih suka jalan pelan di jalur kiri. Nggak berani ke tengah. Nyari aman aja hehehe.


Sering banget saya nemuin kejadian kecelakaan di jalan. Sudah lampu penerangan jalannya nggak nyala nggak berfungsi, ditambah lagi temen-temen muda kalau naik motor kebut-kebutan. 


Mungkin buru-buru kali ya disuruh emaknya beli terasi sama cabe hijau hehehe.


Temen-temen muda ketika saya tanya kenapa lampu motornya nggak nyala, mereka bilang, "nggak pakai lampu biar keren, kekinian. Motor anak muda itu ya berisik, biar kerasa kalau ngegas ngenggggg," terangnya sembari menirukan suara motor modifnya.


"Waduuhh, apa nggak ngeganggu orang?" tanyaku 


"Ya enggaklah, selama kita happy sih, nggak masalah. Toh selama ini tetanggaku nggak ada yang protes" jawabnya santai.


"Itu sih bukan generasi milenial. Anak muda yang keren yang milenial itu yang tertib berkendara. Yang bener-bener memperhatikan keselamatan diri dan orang lain dalam berkendara, yang peduli ke sesama, bukan malah sebaliknya," ucapku padanya.


"Ya sekarang kan zamannya modif motor," sergahnya.


"Ya boleh saja, nggak masalah. Asalkan yang aman, nggak membahayakan. Masa modif motor kok lampunya nggak nyala, itu sih bukan modif tapi bokek. Nggak punya uang buat beli lampu motornya Hehehe," jawab saya sambil terkekeh. 


"Boleh sih modif, tapi ya tetap menomer-satukan keselamatan. Lampu terang depan, lampu sen, lampu berhenti, itu wajib nyala ya.  Biar pengendara lainnya pun nyaman. Nggak sampai membahayakan diri dan orang lain. Terus masang lampu sennya yang betul. Jangan sampe ketuker mana sen kiri mana sen kanan hehehe.." terangku padanya


"Hehehe siap," ucapnya.

Oleh : Ahmad Sholeh, Pedagang Sembako.


×
Berita Terbaru Update