Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kelompok Tani Pelita Berdikari, Bertahan Hidup di Masa Pandemi

Kamis, 01 Oktober 2020 | Oktober 01, 2020 WIB Last Updated 2020-12-02T08:05:50Z

Kelompok tani Pelita Berdikari manfaatkan lahan kosong untuk membudidayakan ikan lele. (Foto : jabarprov.go.id)

Hallotasik.com, Bandung
- Kelompok tani Pelita Berdikari yang berlokasi di RW 14 Kelurahan Babakan Surabaya Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung memanfaatkan lahan kosong untuk membudidayakan ikan lele secara swadaya masyarakat. Hal itu dilakukan untuk memberdayakan masyarakat sekitar yang sebagian besar kepala keluarganya kerja serabutan, walau ada juga yang menjadi pekerja pembersih gorong-gorong 'Gober' Pemkot Bandung. 


"Ya, daripada lahan kosong ini tidak dimanfaatkan, kami mencoba budi daya ikan lele. Kita kelola sendiri dan hasilnya alhmadulillah bisa membantu ekonomi warga walau belum begitu besar, dan tidak selalu mengandalkan bantuan pemerintah" ujar Solihin yang biasa dipanggil Apih, Ketua Kelompok Tani Pelita Berdikari


Menurut Solihin, kelompoknya mencoba bertahan hidup di masa pandemi saat ini, karena banyak yang kehilangan pekerjaan.


"Jika tidak berusaha sendiri mau siapa lagi yang bisa membantu? Dan ini pun memang awalnya atas bantuan seseorang untuk membuat kolam budidaya lele," katanya.


Upaya kecil itu mendapat apresiasi dari pemerintah setempat dengan kunjungan Camat, Lurah, Polsek dan Dispangtan Kota Bandung untuk tebar benih lele.


"Ini sangat bagus, tentu saja kami sebagai pemerintah mendukung dan siap membantu upaya pemberdayaan masyarakat seperti ini" ujar Camat Kiaracondong Rina Dwiyanti.


Hal yang sama dikatakan Lurah Babakan Surabaya Triono yang menyebutkan di wilayahnya sudah ada 4 kelompok tani serupa.


"Saya bersyukur sekali dengan adanya kelompok tani Pelita Berdikari ini. Ini adalah sebuah bentuk keinginan masyarakat untuk tetap berdaya. Dan di wilayah Kelurahan Babakan Surabaya ini sudah ada 4 kelompok tani seperti ini" paparnya.


Triono berharap kelompok tani Pelita Berdikari bisa terus berkembang tidak hanya budidaya lele, tetapi juga komoditi lain. Lurah, Camat, Polsek dan Dispangtan datang ke kelompok tani Pelita Berdikari dalam rangka menebar 24 ribu benih ikan lele untuk menambah jumlah lele yang dibudidayakan di kelompok tani tersebut. (jbr)

×
Berita Terbaru Update