Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

HUT TNI, Sektor 6 Gelar Tanam Pohon di Bantaran DAS Citarum

Selasa, 06 Oktober 2020 | Oktober 06, 2020 WIB Last Updated 2020-12-02T08:01:29Z

Gelar tanam pohon bersama di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. (Foto : jabarprov.go.id)

Hallotasik.com, Bandung - 
Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), seperi yang dilakukan Sektor 6 Citrum Harum dengan menggelar tanam pohon bersama di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum di Desa Bojong Sari Kecamatan Bojongsoang Kab. Bandung, Senin (05/10/2020).  


Dansektor 6 Satgas Citarum Harum Kolonel Arh Didik Suswandi mengatakan, kegiatan tanam pohon ini dilakukan bersama dengan masyarakat sekitar, oeganisasi kemasyarakatan, aktivis lingkungan serta aparat kewilayahan.


"Untuk sementara pohon yang ditanam sebanyak 350 pohon produktif terdiri dari pohon mangga, rambutan, durian, jengkol, duku dan pohon petai," kata Didik, disela-sela acara tanam pohon di DAS Citarum sekitar Desa Bojong Sari, Kec. Bojongsoang Kab. Bandung, Senin (05/10/2020).  


Menurut Didik, selain dalam rangka rangka memperingati HUT ke-75 TNI, kegiatan tanam pohon ini juga untuk memberikan motovasi kepada masyarakat agar lebih peduli dan mau menjaga lingkungan, khususnya lingkungan sekitar.


"Selain tanaman produktif, penanaman pohon dibantaran sungai citarum juga dengan tanaman vertiper tanaman yang berakar kuat yang dapat menahan abrasi," ucapnya.


Didik menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan tanaman sebanyak 5.000 sampai dengan 10.000 pohon untuk kembali secara bertahap ditanam di DAS Citarum.


"Kegiatan ini diharapkan dapat menghidupkan kembali DAS Citarum. Jadi kita lakukan penghijauan dengan tanaman keras dan tanaman buah-buahan apabila sudah berbuah dapat dinikmati oleh masyarakat," imbuhnya.


Didik juga mengajak kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi memelihara lingkungan DAS Citarum dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menanam pohon yang manfaatnya bisa dirasakan kemudian hari. 


"Tentang progres penanganan Sungai Citarum, sejauh ini kami sudah menata  DAS Citarum serta mengangkat sedimen yang berpotensi dapat menyebabkan terjadinya banjir, " ujarnya. (jbr)

×
Berita Terbaru Update