Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cegah Stunting Kelurahan Kebon Gedang, Bentuk Tanginas

Minggu, 18 Oktober 2020 | Oktober 18, 2020 WIB Last Updated 2020-12-02T07:59:15Z
Bandung Tanggap Stunting dengan Pangan Aman dan Sehat. (Foto: Instagram @sitimuntamah_oded)



Hallotasik.com, Bandung -
Kasus stunting atau kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama, sampai saat ini masih ada dimasyarakat.


Akibat stunting, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir yang umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.


Dalam upaya mencegah stunting, Kelurahan Kebon Gedang, Kecamatan Batununggal membentuk Komunitas Tanginas (Bandung Tanggap Stunting dengan Pangan Aman dan Sehat) serta Lembur Tohaga Lodaya dengan mengusung tema kuat dan kokoh dalam setiap komunitasnya. Kuat dan kokoh dalam bidang iman, imun, dan aman.


Menurut Lurah Kebon Gedang, Yusuf Firmansyah, ada filosofi dari iman, imun dan aman, dimana iman yang dimaksud adalah syiar melalui pemuka agama setempat tentang bahayanya pandemi Covid-19.


"Menguatkan imun masyarakat melalui 4 komunitas senam di 8 RW, 1 komunitas sepeda dan 1 komunitas bulu tangkis serta Ibu PKK selalu menyediakan pangan yang sehat dalam peningkatan imun tubuh masyarakat sekitar," ucapnya.


Sementara kuat dalam bidang aman, Kelurahan Kebon Gedang memiliki program beas perelek yakni program pengumpulan beras hasil subsidi masyarakat dan LPM sekitar untuk di sebarluaskan kepada masyarakat yang tidak mampu.
 

"Beas perelek ini adalah program dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat," kata Yusuf, disela-sela peresmin Komunitas Tanginas dan Lembur Tohaga Lodaya, Sabtu (17/10/2020). (jbr)
×
Berita Terbaru Update