Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Begini, Amalan Doa agar Terhindar dari Munafik, Riya, dan Dusta

Kamis, 17 September 2020 | September 17, 2020 WIB Last Updated 2020-09-17T04:20:46Z

Doa adalah senjata bagi seorang Mukmin. (Foto : Id.depositphotos.com)

Hallotasik.com, Jakarta
- Menghindari tiga penyakit hati yang menjadi sumber masalah manusia di dunia yakni, hati munafik, amal riya, dan lisan dusta, dapat dihindari dengan amalan doa ini.


Dikutip dari live Instagram Ustadz Luqmanurhakim, Kamis (17/9/2020) pagi, doa ini disebut Ustadz Luqmanurhakim, sebagai doa anti virus hati.


Berikut doa yang diperoleh beliau semasa sekolah di Pesantren Gontor.


'Allahumma tohir qolbi minannifaqi, Wa Amali minar riya, Walisani minal kadzibi'


artinya, Ya Allah, bersihkanlah, (sucikanlah) hati saya dari penyakit munafik, bersihkanlah semua amalan-amalan perbuatan saya dari penyakit riya, dan bersihkanlah lisan saya dari penyakit dusta.


"Hati dibersihkan dari munafik, amal saleh dibersihkan dari perbuatan riya, dan lisan dibersihkan dari penyakit dusta. Tiga sumber masalah ini, kalau ini bagus, maka bagus semua, kalau ini eror, akan eror semua," kata Ustadz Luqmanurhakim.


"Ini yang kita minta doa kepada Allah," tambahnya.  


Ustadz Luqmanurhakim menjelaskan, tiga poin tersebut menjadi hal yang bagi setiap insan sangat mudah untuk tergelincir. 


"Hati mudah terserang penyakit munafik, salat malas, salat ditunda-tunda. Riya merusak amal saleh, bahkan disebut sebagai sirik kecil," ucap ustadz dari Pontianak ini.


Luqmanurhakim mengatakan, tiga poin doa tersebut bukan meminta untuk dijauhkan, namun dalam konteks dibersihkan, sebab di setiap manusia memiliki perbuatan tersebut.


"Jangan sampai saya berbuat karena manusia. Memohon minta dibersihkan, karena memang ada cikal bakal yang menempel, bukan meminta dijauhkan. Riya berbuat sesuatu karena manusia, berharap dipuji oleh makhluk, ujub atau berbangga diri, merasa diri lebih baik, dan sombong," jelasnya.


"Ini doa anti virus. Semoga kita semua dengan istiqamah mengamalkannya, dan kita selamat dunia akhirat," pungkasnya. (rad)

×
Berita Terbaru Update