Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Ciamis Canangkan Gerakan Bumbung PBB-P2 dan PKB-KTMDU

Jumat, 07 Agustus 2020 | Agustus 07, 2020 WIB Last Updated 2020-12-02T08:33:22Z

 

Bupati Ciamis, Dr, H. Herdiat Sunarya. (Foto : Instagram @herdiat.sunarya)

Hallotasik.com, Ciamis – Dalam rangka meningkatkan optimalisasi pajak di masa pandemi covid 19, Pemerintah Kabupaten Ciamis mencanangkan sebuah program yang diberi nama Gerakan Bumbung PBB-Perdesaan dan Perkotaan dan Pajak Kendaraan Bermotor-KTMDU Tahun 2020 yang dipusatkan di Balai Desa Sindangsari Kecamatan Kawali, Kamis (6/8/2020).


Program ini merupakan sistem gerakan menabung dalam celengan yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat dalam membayar pajak sehingga dapat membayar tepat waktu.


 gatakan, Dengan adanya gerakan bumbung ini, “anggap neundeun poho”, untuk meringankan dalam pembayaran pajak bagi wajib pajak.


PBB P2 sudah merupakan pajak daerah sehingga sumber PAD yang diandalkan adalah pajak ini, setiap tahun 22 milyar yang masuk ke kas daerah. “Sedangkan alokasi APBD yang diluncurkan ke desa Setiap tahun tidak kurang 150 milyar”, tegasnya.


Kepala Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Dr. H. Kurniawan, SE.,MSi.,Ak.,CA.,ACPA, menerangkan salah satu yang menjadi dasar kegiatan ini yaitu Perjanjian Kerjasama Pemprov Jawa Barat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis tentang sinergitas program Intensifikasi Pengembangan Pembayaran PKB di wilayah Pemda Ciamis


Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga fiskal daerah agar pembangunan di wilayah Ciamis tetap terjaga melalui pemberdayaan masyarakat dengan visi penguatan perekonomian desa, terangnya.


“Dengan adanya Gerakan Bumbung PBB yang dikolaborasi dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) khususnya untuk kendaraan tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) merupakan bentuk keseriusan, kepatuhan, dan kesadaran masyarakat dalam pembangunan,” tambahnya.


Bupati Ciamis mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Ciamis khususnya masyarakat Kecamatan Kawali yang telah begitu antusias mendukung program pemerintah melalui ketaatan membayar pajak dengan tepat waktu , terlebih dengan adanya inovasi Gerakan Bumbung PBB-P2 dan PKB. Bupati Ciamis pun berharap kegiatan ini dapat diaplikasikan di kecamatan lain diwilayah Kabupaten Ciamis. (mis)

×
Berita Terbaru Update