Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ditemukan Arca Kuno di Karangnunggal, Benarkan Sisa Kerajaan?

Sabtu, 15 Agustus 2020 | Agustus 15, 2020 WIB Last Updated 2020-12-02T09:58:03Z

Penampakan arca kuno yang ditemukan di kampung Manyor, Desa Karangnunggal, Kecamatan Karangnuggal (Foto: Abucek)


Hallotasik.com, Karangnunggal - Sebuah arca kuno zaman dulu kala ditemukan oleh Yayat di kampung Manyor, Desa Karangnunggal, Kecamatan Karangnuggal, Kabupaten Tasikmalaya. Melihat tampilannya, sepertinya peningalan jaman kerajaan dulu.

Arca kuno ini memiliki tinggi 53 centimeter, lebar 26 centimeter, tebal 26  centimeter dengan bobot 50 kilogram. Kini, arca tersebut diamankan di di Mako Polsek Karangnunggal.

Kisah bermula, ketika dua pekan yang lalu, Kamis (30/7/2020), salas satu anggota Polsek Karangnunggal Bripka Berni NH sedang melaksanakan Patroli Cyber.

Dia menemukan postingan di akun facebook milik Yayat berupa foto yang diduga patung arca peninggalan zaman dahulu.

Kepala Kepolisian Sektor Karangnunggal Kompol H. Asep Ishak, S.I.P kemufian memerintahkan anggotanya untuk melakukan pengecekan alamat pemilik facebook dan langsung berkunjung ke rumahnya di Karangnunggal.

Dinas Dikbud Sudah Tahu

Menurut Kompol H. Asep Ishak, S.I.P  tujuan kepolisian mengunjungi Yayat untuk menanyakan dan mengkonformasi tentang kebenaran atas postingan di akun facebooknya itu.

Pihak Polsek Karangnunggal juga melakukan cek Tempat Kejadian Perkara (TKP) ditemukannya benda yang diduga patung arca kuno, peninggalan zaman dahulu.

Kompol H. Asep Ishak membenarkan adanya temuan patung arca tersebut dan hal itu juga sudah diketahui pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya.

Melalui staf Bidang Kebudayaan Cepi Luthfi dan Dede Rahmat selaku pegiat sejarah Tasikmalaya yang kebetulan pada Kamis (13/08/2020) meluangkan waktu silaturahmi, sambil melihat dan bertemu langsung dengan penemu patung arca Yayat di Polsek Karangnunggal.

"Setelah selesai melakukan pengecekan lokasi penemuan benda tersebut, Piiolsek Karangnunggal mengamankan TKP dengan memasang Police Line," kata Kompol H. Asep Ishak, seperti yang dilaporkan Abucek. (*/sut)
×
Berita Terbaru Update